Daftar Cerita Legenda Rakyat

RADEN BANTERANG - KE 1 - ASAL MULA KOTA BANYUWANGI [Serbuan Ke Pulau Dewata]

Haaaloyeee .... Nicole lagi asik baca-baca cerita legenda rakyat Indonesia, salah satunya yang lagi Nicole baca adalah kisah Raden Banterang - Asal Mula Kota Banyuwangi. Sesuai janji Nicole, maka cerita ini akan Nicole bagi ke semua teman diseluruh dunia (hehehehheheheheh...), begini ceritanya :

Ada tiga tempat menarik di ujung timur pulau jawa.
Pertama adalah BALURAN, tempat dimana banteng dan kerbau liar dilindungi atau lebih dikenal dengan istilah Suaka Marga Satwa.

Kedua adalah BANYUWANGI, kita kalau menyeberang dri pulau jawa ke pulau bali akan melalui kota ini, yaitu pelabuhan laut Ketapang dengan menggunakan kapal ferry.  Tari Gandrung dan Gending Banyuwangi, merupakan kesenian khas dari kota Banyuwangi. Gerakan tari Gandrung agak mirip dengan seni tari bali, demikian pula hentakan-hentakan irama Gending Banyuwangi, mirip sekali dengan Gending Bali, hal ini akan kita ketahui jika kita mau melihat kebelakang, ke masa lampau cerita tentang KOTA BANYUWANGI.

Tempat ketiga adalah kota BLAMBANGAN, kota Blambangan tidak seramai kota Banyuwangi. Tetapi dahula kala kota Blambangan pernah menjadi pusat kerajaan yang cukup berpengaruh di wilayah timur pulau jawa. Kerajaan Blambangan bahkan pernah mengguncang kerajaan besar MAJAPAHIT, yaitu pada masa PRABU BRE WIRABUMI yang dalam legenda lebih dikenal dengan sebutan MENAK JINGGA. Untunglah seorang kesatria muda bernama DAMAR WULAN berhasil membunuh MENAK JINGGA, sehingga kerjaan MAJAPAHIT terhindar dari kehancuran.

Kisah ini terjadi pada masa pemerintahan PRABU MENAK PRAKOSA. Konon beliau masih keturunan dari PRABU MENAK JINGGA. Pada masa pemerintahan Prabu Menak Prakosa ini kerajaan Blambangan mempunyai wilayah kekuasaan yang cukup luas, bahkan sang Prabu berhasil memperluas wilayah kekuasaanya sampai ke ke KERAJAAN KLUNGKUNG di Pulau Bali. Armada pasukan kerjaan Blambangan dengan prajurit-prajurit pilihan mendarat di dekat KUSAMBA, prajurit kerjaan Klungkung yang berada di Kusamba tak mampu membendung serangan prajurit kerajaan Blambangan yang dipimpin oleh Prabu Menak Prakosa sendiri.

Setelah memperoleh kemenangan di Kusamba, prajurit Blambangan bergerak ke arah timur menuju Gianyar. Dan dalam waktu singkat dapat ditaklukkan. Ketika perlawanan prajurit Gianyar berakhir, matahari sudah condong dilangit barat, Prabu Menak Prakosa memerintahkan pasukannya agar mendirikan perkemahan di padang rumput. Malam harinya Prabu Menak Prakosa memanggil patih RAGAJAMPI untuk berunding mengatur siasat untuk esok pagi menyerang kerajaan Klungkung. Prabu Menak prakosa memerintahkan Patih Ragajampi untuk membawa separuh pasukan kerajaan Blambangan menyerang pusat kerajaan Klungkung, dan bermaksud menjebak prajurit kerajaan Klungkung keluar dari pusat kerajaan Klungkung, sementara Prabu Menak Prakosa dan separuh lagi pasukan kerajaan Blambangan sudah menanti di luar pusat kota kerajaan Klungkung. Prabu Menak Prakosa berjanji kepada Patih Ragajampi, jika serangan ke kerajaan Klungkung berhasil, maka Patih Ragajampi menjadi wakil Prabu Menak Prakosa dan menjadi Raja di Kerajaan Klungkung.

Sementara itu di istana kerajaan Klungkung, Sri Baginda Raja kerajaan Klungkung mengumpulkan seluruh anggota keluarganya, permaisurinya serta kedua anaknya, BAGUS TANTRA dan DEWI SUPRABA.  Raja Klungkung bertitah kepada kedua anaknya agar segera mengungsi. Raja Klungkung merasa khawatir jika dia kalah berperang sementara kedua anaknya ikut berperang dengannya, maka keturunan kerajaan Klungkung akan sirna, maka diperintahkannyalah Panglima COKORDE RAI untuk membawa permaisuri dan kedua anaknya mengungsi keluar dari kerajaan malam itu juga, dan anak laki-laki sang raja BAGUS TANTRA diwariskan keris pusaka sakti kerajaan Klungkung. Sementara sang Baginda Raja Klungkung dengan gagah berani memimpin langsung prajurit kerajaan Klungkung menghadang serbuan kerajaan Blambangan.

Sampai disini dulu yah, karena ceritanya cukup panjang, Nicole akan bagi menjadi 7 Episode, yaitu :
  1. Serbuan Ke Pulau Dewata.
  2. Pertempuran di Klungkung.
  3. Lembah Temu Guru.
  4. Awal Pertemuan.
  5. Di Balik Nama Dewi Surati.
  6. Termakan Hasutan.
  7. Kesetiaan Seorang Istri.    
Naahh untuk Episode-1 Serbuan Ke Pulau Dewata cukup sampai disini dulu, nanti Nicole lanjutin lagi ke episode-2 PERTEMPURAN DI KLUNGKUNG. Makanya sering berkunjung ke Blognya Nicole yaahhh, pasti seru ceritanya. 


Show Comments: OR

1 komentar:

  1. Seru juga yahhhh, lanjutannya kapan dik ?

    ReplyDelete

Teman-Teman yang berkunjung pasti komentarnya juga baik. karena kita semua manusia baik-baik. Oleh karena itu Nicole bilang Salam Komen terbaik kepada semua.
Kalau Mau Contact Nicole di :
Em@il : ieliencang@gmail.com
Phone & SMS : +6287760129111
T E R I M A K A S I H - MATUR SUKME - THANK YOU

ARTIKEL & CERITA DAN KISAH LEGENDA RAKYAT TERBARU

ARTIKEL & CERITA DAN KISAH LEGENDA RAKYAT POPULER

ADHI MEKAR INDONESIA "AMI SCHOOL" DENPASAR BARAT, BALI

 
  • AGATHA NICOLE © 2017 | Modified By YURI | Powered By BLOGGER | KEDAI LOMBOK